Senin, 26 Oktober 2009

VEGETARIAN dan GLOBAL WARMING

Pernahkah kalian membaca buku gratis dari web internasional yang berisikan tentang global warming? Pada buku tersebut termuat semua masalah mengenai global warming dan cara mengatasinya. Tapi, ada salah satu solusi yang menurut saya agak unik, ya… menjadi seorang vegetarian. Kenapa kita mesti menjadi seorang vegetarian? Coba kalian ikuti analisis yang saya buat di bawah ini,
Dari Artikel yang telah saya buat sebelumnya “Learn About Global Warming”, di sana telah saya sebutkan bahwa senyawa-senyawa yang dapat memicu adanya global warming adalah CO2 dan juga CH4 ( biasa kita sebut Metana ). Karbondioksida, sudah jelas diproduksi oleh kendaraan bermotor, dan lain-lain. Tapi ada pemicu lain yang lebih berpotensi yaitu Gas Metana yang dihasilkan oleh Hewan-hewan ternak. Kenapa hewan-hewan ternak menghasilkan Metana? Karena Metana terkandung dalam kotoran dari hewan-hewan ternak tersebut. Semua itu berasal dari kotoran hewan, maka dapat kita mengambil kesimpulan kecil bahwa kita tidak harus memlihara banyak hewan ternak. Hmm…. Lanjut, analisisnya. Jika kita tidak boleh beternak terlalu banyak, fakta yang terjadi di dunia sebenarnya adalah manusia melakukan kegiatan beternak secara massal ( besar-besaran ). Sering kali hutan-hutan ditebang untuk membuat lahan peternakan (livestock). Karena itu, dari kegiatan inilah banyak timbul kontroversi.
Adapun permasalahan lain yang ditimbulkan peternakan adalah sebagai berikut :
1. Peternakan menghabiskan banyak energi mulai dari energi listrik, dan energi lainnya. Terutama pada listrik ini, energi yang dikonsumsi sangatlah banyak. Dan biasanya pada peternakan tidak digunakan lampu hemat energi.
2. Semua transportasi yang mengangkut hewan-hewan ini juga menimbulkan polusi. Terutama polusi karbondioksida.
3. Hutan-hutan yang ditebang untuk memperluas daerah peternakan. Dan semakin banyak hewan yang diternak, semakin banyak gas metana yang dihasilkan. Global warming pun tidak terhindarkan.

Sekarang, ada pertanyaan muncul lagi. kenapa para peternak berlomba-lomba untuk memiliki hewan dan beternak?
Karena manusia sudah tidak lagi mengenal sayur-sayuran yang banyak dan kebanyakan di semua negara rakyatnya mengkonsumsi daging. Karena daging harganya relatif mahal, maka dari itu motivasi untuk beternak itu sangatlah besar.

Kembali lagi ke pertanyaan di awal tulisan, kenapa kita mesti menjadi seorang vegetarian??
Jika banyak orang di dunia menjadi vegetaian, ini berpeluang para peternak tidak mencari untung lagi dalam bidang peternakan, tapi dalam bidang pertanian. Karena lebih banyak orang yang tertarik pada sayur dan buah-buahan. Dan, produksi hewan ternakpun bisa di tekan lagi. karena gas metana tersebut merupakan pemicu efek rumah kaca, maka dari itu hal ini dipandang perlu untuk dilakukan.
Perlu diketahui lagi, manusia juga sebenarnya menghasilkan metana dalam kotorannya, tapi sedikit pengaruhnya, karena kita tidak mungkin menekan pertumbuhan manusia, mungkin hanya melakukan program-program kb di semua negara.
Nah, seperti itulah analisis saya tentang perlunya menjadi seorang vegetarian sekarang. Tapi dari informasi yang beredar di internet, dikatakan bahwa PBB sudah mengeluarkan peraturan tentang hal ini. Tapi sampai saat ini kabar tersebut tidak terdengar lagi.

Kamu Bisa Melihat Artikel Versi English dengan Mengklik Tampilkan



Have you ever read a free book from the international web containing about global warming? In the book contained all the problems of global warming and how to cope. But, there is one solution rather unique in my opinion, yes ... to be a vegetarian. Why do we have to become a vegetarian? Try to follow your analysis I made below,
From the article I had made earlier "Learn About Global Warming", where I indicated that the compounds that could trigger a global warming is CO2 and CH4 (as we used to call Methane). Carbon dioxide, was clearly produced by motor vehicles, and others. But there are other triggers are more potent Methane gas produced by livestock animals. Why do animals make Methane? Because Methane contained in the feces of livestock animals are. All that comes from animal feces, then we can infer little that we do not have much livestock. Further, analysis. If we should not raise too much, a fact which happened in the real world of human conduct mass-breeding activities (a major).Often cut down forests to create livestock. Therefore, from this activity a lot of controversy arose.
The other issues raised ranch is as follows:
1.Livestock spent a lot of energy from electrical energy, and other energy. Especially in electricity, the energy consumed very much.And usually at the farm did not use energy-saving lamps.
2. All the transport carrying the animals also cause pollution. Especially carbon dioxide pollution.
3. Forests are cut down to expand the farm. And the more diternak animals, the more methane gas produced. Global warming was inevitable.

Now, there comes the question again. why the breeders compete to have the animals and raise? Because humans are no longer familiar vegetables a lot and most people in all countries consume meat. Because meat is relatively expensive price, hence the motivation for breeding is very large.

Back again to the question at the beginning of writing, why we should become a vegetarian??
If many people in the world to vegetarian, these breeders are not likely to make a profit again in the field of animal husbandry, but in the field of agriculture. Because more people are interested in vegetables and fruits. And, animal production can be press again. because methane is a greenhouse trigger, therefore it is deemed necessary to be done.
Please note again, humans also produce methane in actual feces, but little influence, because we can not suppress the growth of human, may only do kb programs in all countries.
Well, that's my analysis of the need to become a vegetarian now. But from the information circulating on the Internet, said that the PBB has issued a regulation on this. But so far the news is not heard from again.

Comments :

0 komentar to “VEGETARIAN dan GLOBAL WARMING”


Posting Komentar